Dinus Inside 2013



Setelah berbulan bulan gak buka blog, akhirnya hari ini ngeblog lagi dalam rangka memenuhi tugas DinusInside sebagai seorang MaBa. Sebenernya sih udah migrasi ke tumblr, tapi karena tugas yang dikasih sama kakak kakak panitia harus make blog, ya mau gak mau balik lagi ke blog ini.

Dinus inside ini adalah kegiatan pelantikan MaBa dan pengenalan kehidupan kampus UDINUS yang hukumnya wajib untuk diikuti bagi seluruh MaBa tahun akademik 2013/2014. DinusInside ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 2-4 September, lalu dilanjutkan DinusExpo pada tanggal 5-6 September 2013.


Pelaksanaan DinusInside pada hari pertama dimulai dari jam 5 pagi di gedung G, bayangkan harus bangun jam 4 pagi terus mandi itu rasanya kayak di kutub utara men, dingin brrr. Namun jadwal tinggallah jadi jadwal, rencananya sih jam 5 itu gladi resik upacara pelantikan MaBa, tapi baru terlaksana sekitar jam 6 pagi. Setelah gladi resik, langsung disambung dengan upacara pelantikan yang sesungguhnya. Upacara berlangsung sekitar 30 menit, di upacara ini juga diperkenalkan mars dan hymne UDINUS, sebagai MaBa, dengerin Mars dan Hymne-nya UDINUS itu bikin merinding men, merinding gilaaaa.

Upacara selesai, dilanjutkan defile organisasi kemahasiswaan, semacam pengenalan UKM dan OrMa yang ada di UDINUS. Lanjut dengan kuliah umum oleh bapak Gubernur Jawa Tengah, iya Gubernur Jawa Tengah. Liat pak gubernur dari deket itu rasanya sesuatu meeenn. Hampir satu jam lebih Pak Ganjar Pranowo memberi kuliah umum, semua maba tampak puas dengan isi kuliah yang beliau berikan. Setelah itu, gantian pak walikota memberikan kuliah umum, meskipun tidak terlalu lama juga sih. Selesai mendengar kuliah, ada hiburan dari band alumni UDINUS (kalo gak salah sih), setelah itu dilanjutkan istirahat sholat dan makan siang.

Hari pertama juga ada pengenalan seluruh jajaran pengurus dari yang paling atas (Rektor), dekan, sampai kepada pengurus bagian fakultas. hari pertama pula ada launching dinus mobile (Dinus in my hand) yang disponsori oleh X*L dan perusahaan ternama, I*MO. :))

Setelah launching dinus mobile, dilanjutkan perkenalan seluruh UKM dan OrMa. Dua jam sesi perkenalan ini pun berlalu. Dan saatnya pulang. Tapi, seperti tradisi yang sudah sudah, pasti ada tugas dari kakak panitia. Tugas disini bukan yang biasa, tapi tugas yang aneh aneh. Meskipun awalnya terasa berat buat ngerjain tugas itu, tapi setelah dikerjakan bareng sama temen temen satu kelompok, tugas ini pun dapat selesai dengan cepat. Alhamdulillah.. :"))
-------------------------------------Akhir Hari 1---------------------------------------
-----------------------------Author: Dimas Gilang prayogo--------------------------

Pada hari kedua ini, kami para MaBa diperintahkan oleh kakak panitia untuk membawa toga, tas yang terbuat dari karung dan sepatu yang tali sebelah kanan kiri berbeda. Karena jadwal kegiatan hari itu dimulai pada jam tujuh, otomatis gue & temen temen yang lain jadi bahan tontonan warga selama perjalanan menuju kampus. Mulai anak anak, remaja SMP dan SMA, sampai orang dewasa melihat dengan melengkungkan senyumnya, mungkin mereka berpikir dandanan kami ini nyeleneh. :/

Kegiatan di hari selasa dimulai dengan pengenalan fakultas, yaitu apasih fakultas ilmu komputer itu ? apa aja sih fakultas yang ada di fasilkom itu ? apa aja sih yang dipelajari dalam setiap fakultas yang ada di fasilkom ? selanjutnya adalah pengenalan instrumen vital yang ada pada fakultas ilmu komputer,  yaitu dekan, sekretaris dekan, dosen TI, SI, DKV, penyiaran, dan manajemen informatika, bagian tata usaha, dan kepala bagian lab. Komputer, pengenalan tersebut berlangsung kurang lebih 3 jam.

Setelah pengenalan jajaran orang orang penting yang ada di fasilkom, dilakukan hiburan untuk sementara waktu yang bertujuan menghilangkan kepenatan para MaBa. Kami diminta menyanyikan lagu fasilkom yang berjudul “Batalyon Fasilkom” (kalo gak salah sih :/ ). Nadanya sih menirukan lagu cucak rowo miliknya Didi Kempot, tapi overall mantap men.

Selesai bernyanyi, acara dilanjutkan dengan pengenalan pelayanan administrasi. Disini dijelaskan mekanisme pelayanan administrasi yang ada di fasilkom, bagaimana tahap dalam mengajukan cuti, tahap mengajukan 
aktif kembali, dan yang lain sebagainya.

Acara selanjutnya yaitu ishoma, mahasiswa muslim diminta untuk melaksanakan sholat dzuhur, dan yang non muslim dapat melakukan makan siang. Setelah ishoma selesai, dilanjutkan dengan acara penalaran. Jujur gue lupa apa aja yang dibicarakan dalam acara ini, mungkin karena udah terlalu ngantuk juga sih. :/
Acara selesai sekitar jam setengah empat, lalu dilanjutkan dengan penugasan oleh kakak panitia yang harus dibawa keesokan harinya. Seperti hari kemarin, lagi lagi tugasnya berupa tugas yang aneh aneh. Dan seperti hari kemarin juga, karena dikerjakan bareng temen temen tugas pun selesai dengan cepat. Alhamdulillah (lagi). :’))
-------------------------------------Akhir Hari 2---------------------------------------
-----------------------------------A11.2013.07593-------------------------------------

Hari ketiga, MaBa Fasilkom dikumpulkan di lapangan parkir gedung E, jadwal kumpul sih jam 6, tapi acara baru dimulai jam 8. -,- hari ini fasilkom dibagi menutur fakultas masing masing, TI, SI, DKV, Broadcast, dan MI. Para MaBa TI dibawa ke gedung D lantai lima, namun sebelumnya diminta untuk menyanyikan yel-yel kelompok masing masing baru diizinkan naik ke lantai lima. Naik lima lantai dalam kondisi belum makan itu bikin ngos-ngosan bro.

Tugas kami untuk hari ini lumayan aneh, snack “fans 2PM”, nasi “ayam seksi”, teh “17-an”, dan nasi “pocong bunting”. Awalnya sih bertanya tanya apa makna sebenarnya dari tugas tugas ini, tapi akhirnya ketemu satu persatu juga.

Materi pada hari ketiga diawali dengan softskill, yaitu pengenalan tentang kemampuan dalam berorganisasi, kemampuan bersosialisasi. Kuliah ini ada games yaitu diminta membuat tiga kata kunci “cinta, wirausaha, dan belajar” menjadi satu gambar. Lalu permainan dansa, lampu lalu lintas, bunga matahari, dan mendayung. Dibalik games itu semua, ternyata ada pesan yang ingin disampaikan, pesannya pun sangat menyentuh hati. *nangis*

Setelah materi softskill, dilanjutkan ishoma. Seperti biasanya kami melaksanakan sholat dzuhur dan istirahat makan siang.setelah ishoma, dilanjut lagi dengan materi beasiswa. Tentang bagaimana cara mengajukan beasiswa, dan pihak mana saja yang memberikan beasiswa.

Materi selesai, lalu pemberian tugas kembali oleh kakak panitia, namun tugas hari ini cukup mudah untuk dicari, sehingga dapat tidur lebih awal dari biasanya. :v
-------------------------------------Akhir Hari 3---------------------------------------
----------------------------------------STI-06-------------------------------------------

Hari keempat, kami memasuki DinusExpo, yaitu pameran pameran seluruh UKM dan OrMa yang ada di UDINUS. Mahasiswa UDINUS pun diperbolehkan membuka stand expo untuk memperkenalkan produk produk mereka.


Kami kembali masuk gedung D lantai 5, hari ini kami ditugaskan untuk meminta tanda tangan dan stempel UKM yang ada di UDINUS, tak lupa pula OrMa yang ada di fasilkom. Kegiatan meminta tanda tangan ini berlangsung sampai jam 12 lalu dilanjutkan ishoma. Setelah itu tidak ada kegiatan yang berarti, kami hanya tiduran di kelas sambil menonton film yang diputar sembari menunggu waktunya pulang.
-------------------------------------Selesai---------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar